oleh

Pemerintah Dorong Sektor Properti, Intervensi Lima Juta Rumah Hingga

Pemerintah Dorong Sektor Properti, Intervensi Lima Juta Rumah Hingga Tata Kawasan Kumuh. – Pemerintah menjadikan sektor properti sebagai lokomotif perekonomian untuk mendorong program perumahan sekaligus meningkatkan ekonomi.

Sektor properti merupakan salah satu sektor bisnis yang diandalkan untuk mendorong perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19.

pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini dengan mendorong pembangunan infrastruktur dan perumahan. Khusus sektor properti bahkan dijadikan lokomotif perekonomian karan ada banyak industri terkait yang akan ikut berkembang melalui sektor properti.

“Pemerintah juga terus berupaya supaya masyarakat bisa ikut terlibat aktif dalam proses pembangunan maupun program perumahan. Misalnya melalui skema padat karya dan mendorong sektor perbankan untuk terus memperbesar penyaluran kredit pembiayaan perumahan (KPR) khususnya untuk segmen KPR subsidi,” ujarnya.

Dana APBN yang sangat terbatas untuk sektor perumahan hingga saat ini belum mampu menyelesaikan berbagai permasalahan perumahan kita. Karena itu pemerintah sangat aktif dengan menggandeng seluruh stakeholder khususnya dari kalangan asosiasu pengembang, sektor swasta, perbankan, dan masyarakat untuk terus membangun sektor properti.

Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional

(Susenas) tahun 2020, angka defisit atau backlog kepemilikan perumahan mencapai 12,75 juta. Backlog ini belum termasuk pertumbuhan angka keluarga baru dari kalangan yang menikah mencapai 700 ribu-800 ribu setiap tahunnya.

Pandemi Covid-19 juga telah menyebabkan penurunan daya beli masyarakat khususnya di segmen menengah ke bawah yang juga mengakibatkan penurunan daya beli rumah yang dibangun oleh pihak perusahaan pengembang. Berbagai kendala ini menjadi concern pemerintah untuk terus diupayakan solusinya.

Pemerintah telah melakukan intervensi langsung dengan membangun sebanyak lima juta unit hunian dan enam juta hunian secara tidak langsung. Bantuan tidak langsung ini berupa fasilitas maupun bantuan serta subsidi perbaikan, peningkatan akses layanan infrastruktur dasar, pemberdayaan komunitas, peningkatan keandalan bangunan, hingga penanganan kawasan kumuh.

“Kami juga terus mendorong seluruh stakeholder untuk bersama-sama meningkatkan pertumbuhan yang signifikan di sektor perumahan.

Temukan alasan mereka membeli rumah menggunakan KPR lewat video berikut ini.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Pemerintah menjadikan sektor properti sebagai lokomotif perekonomian untuk mendorong program perumahan sekaligus meningkatkan ekonomi.Read MoreLatest News from Rumah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar